Sabtu, 07 November 2009

Sejarah Fisioterapi Makassar, Indonesia


Akademi Fisioterapi Ujungpandang berdiri pada tanggal 20 Agustus 1984 oleh Departemen Kesehatan RI dalam hal ini Kanwil Departemen Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan oleh kepala Kanwil Dr. Nur Arifin Naim dengan penanggung jawab Drs. Elim Salim, Kepala Tata Usaha Drs. M. Syukur Ibrahim, Unit pendidikan dan pengabdian Djohan Aras SMPh, Unit pengabdian masyarakat dan kemahasiswaan Mustari Gani, SMPh dengan staf administrasi Amiruddin Yahya, Ester Lino, St. Sapiah, Marlina dan Tajuddin.
Lahir dengan segala kesederhanaan dalam penantian pelembagaannya, awal yang benar-benar penuh cobaan untuk Akademi Kesehatan kedua milik Departemen Kesehatan Republik Indonesia, yang lebih dikenal dengan nama Akademi Fisioterapi Depkes Makassar yang pada saat itu untuk sementara waktu Akademi Fisioterapi Makassar bertempat di gedung Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) jalan adyaksa Makassar, sebuah rumah bersalin yang direnovasi untuk dijadikan ruang kuliah, Akfis Makassar terus memperbaiki diri dan berjuang untuk memenuhi semua sarana dan prasarana perkuliahannya samapi akhir selesai juga pembangunan kampus baru di jalan Paccerakkang No. 79 KM. 14 Daya Kel. Paccerakkang Kec. Biringkanaya Kota Makassar.
Pergantian direkktur dan perubahan kelembagaan terus berlangsung setelah Drs. Elim Salim pada tahun 1990 Dr. Adnan Mahmud kemudian tahun 1992 Dr. Agil Allattas dan tahun 1996 Dr.Hj. Rostiaty Natsir, MSPh sampai berubah menjadi Poltekkes Makassar tahun 2002 menjadi Jurusan Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar yang dulunya mulai dari Akademi Fisioterapi kemudian tahun 1990 berubah menjadi Pendidikan Ahli Madya Fisioterapi (PAMFIS) kemudian tahun 1995 berubah kembali menjadi Akademi Fisioterapi sampai tahun 2002 menjadi jurusan Fisioterapi Poltekkes Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar